EVALUASI SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU PADA LAPORAN MASYARAKAT DI POLSEK RIO PAKAVA KABUPATEN DONGGALA SULAWESI TENGAH

Authors

  • Reflizal Herianda Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Panca Marga Palu
  • Timudin DG Mangera Bauwo Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Panca Marga Palu
  • Nora Ariani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Panca Marga Palu

Keywords:

Organisasi Publik, Evaluasi Kinerja, SPKT

Abstract

Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai bagian dari fungsi pemerintahan negara memiliki tugas untuk menjaga ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu bentuk layanan Polri adalah pelayanan administratif melalui unit Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Kecamatan Rio Pakava di Kabupaten Donggala merupakan salah satu wilayah yang menyelenggarakan layanan SPKT. Keberhasilan organisasi publik yang bergerak di bidang jasa sangat bergantung pada kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan SPKT Polsek Rio Pakava. Metode yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan fokus pada lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja SPKT Polsek Rio Pakava secara umum sudah baik dan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Namun demikian, terdapat hambatan berupa keterbatasan sarana dan prasarana yang perlu mendapatkan perhatian untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan.

References

Dimock, M. E., & Dimock, G. O. (1992). Ilmu Administrasi Negara. Rineka Cipta.

Fahmi, I. (2013). Perilaku Organisasi: Teori, Aplikasi dan Kasus. Alfabeta.

Hardiansyah, H. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media.

Mangkunegara, A. A. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Pasolong, H. (2013). Kepemimpinan Birokrasi. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Republik Indonesia. (2002). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 Nomor 2. Jakarta: Sekretariat Negara.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. (2004). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Jakarta: Kementerian PAN.

Downloads

Published

2025-08-27

How to Cite

Herianda, R., Bauwo, T. D. M., & Ariani, N. (2025). EVALUASI SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU PADA LAPORAN MASYARAKAT DI POLSEK RIO PAKAVA KABUPATEN DONGGALA SULAWESI TENGAH. PATRIOT: Journal of Public Administration and Policy, 1(1), 33–38. Retrieved from https://journal.stiapancamargapalu.ac.id/index.php/patriot/article/view/24

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.