KINERJA APARAT KEPOLISIAN DALAM PELAYANAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN PADA KANTOR RESOR BANGGAI KEPULAUAN

Authors

  • Rezaldi Ramadhan Huda Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Panca Marga Palu
  • Mahfuzat Lamakampali Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Panca Marga Palu
  • Muhammad Husain Borahima Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Panca Marga Palu

Keywords:

Kinerja, Pelayanan Publik, Polres Banggai Kepulauan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja aparat Kepolisian Resor Banggai Kepulauan dalam pelayanan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada informan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan SKCK di Polres Banggai Kepulauan pada aspek kualitas telah berjalan baik dengan pelayanan yang cepat, ramah, dan transparan, namun masih menghadapi kendala seperti antrian panjang dan fasilitas ruang tunggu yang belum memadai. Pada aspek kuantitas, jumlah permohonan yang dilayani tergolong tinggi dan relatif lancar berkat sistem kerja yang terorganisir dan jumlah personel yang memadai, meskipun peningkatan fasilitas dan teknologi masih diperlukan. Dari segi penggunaan waktu, efisiensi pelayanan belum optimal akibat kurangnya sosialisasi persyaratan kepada masyarakat dan kendala teknis seperti jaringan lambat. Sementara itu, kerja sama antarpetugas dinilai belum maksimal karena pembagian tugas yang belum merata dan kurangnya koordinasi.

References

Hasibuan, M. S. P. (1994). Manajemen: Dasar, pengertian, dan masalah. Bumi Aksara.

Kasmir, K. (2009). Pengantar manajemen keuangan. Kencana.

Kepolisian Negara Republik Indonesia. (2014). Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Mahmudi, M. (2010). Manajemen kinerja sektor publik. UUP STIM YKPN.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Moenir, H. A. S. (2006). Manajemen pelayanan umum di Indonesia (Ed. revisi). Bumi Aksara.

Pasolong, H. (2007). Teori administrasi publik. Alfabeta.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112.

Rivai, V. (2005). Performance appraisal: Sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahan. RajaGrafindo.

Siagian, S. P. (1996). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Silalahi, U. (2009). Metode penelitian sosial. Refika Aditama.

Siswanto, S. (2002). Pengantar manajemen. Bumi Aksara.

Susanto, A. B., & Wijanarko, H. (2004). Power branding. Quantum Bisnis dan Manajemen.

Widodo, J. (2005). Membangun birokrasi berbasis kinerja. Banyumedia Publishing.

Downloads

Published

2025-07-02

How to Cite

Huda, R. R., Lamakampali, M., & Borahima, M. H. (2025). KINERJA APARAT KEPOLISIAN DALAM PELAYANAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN PADA KANTOR RESOR BANGGAI KEPULAUAN. SANTINA: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik, 1(1), 78–81. Retrieved from https://journal.stiapancamargapalu.ac.id/index.php/santina/article/view/14

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.